Islam Agama Penuh Kebenaran

Jumat, 05 Oktober 2012

Kisah Unik Kota Manchester

Supporter Kedua Klub
Kebesaran sebuah tim sepakbola tentu tidak pernah lepas dari pengaruh dan dukungan sekumpulan Fans setia sebuah klub yang tidak hanya mendukung mereka disaat mereka menuai kemenangan dan mencampakkan mereka disaat mereka menuai kekalahan, atau bahkan menjadi FANS  DADAKAN ketika klub tiba-tiba menjadi kaya dan dan bisa membeli pemain-pemain kelas atas dan malah lari TERBIRIT-BIRIT ATAU PINDAH KLUB ketika mereka bangkrut dan kalah terus-terusan. tapi bagi saya fans sejati adalah fans yang tetap ada disaat klub itu berada dalam situasi apapun karena kita ada karena mereka dan mereka akan selalu ada buat fans sejatinya.
 walaupun berasal dari satu kota yaitu Kota Manchester, tapi Klub si Merah atau lebih dikenal dengan Manchester United atau RED DEVILS adalah klub yang sarat dengan sejarah dan kegemilangan prestasi dalam akademi sepakbola maupun dalam gelar prestisius lainnya yang tentu di belakangnya ada fans setia yang akan selalu mendukung mereka baik kalah atau menang. 

Nah berikut contoh dua fans yang mempunyai perbedaan sejarah dan kejayaan klub kebanggaan masing-masing. lalu bagaimanakah sebenarnya sekelumit kisah ke dua fans sepakbola dari kota manchester tersebut, benarkah Manchester City lebih dominan..?? berikut ulasan dari teman kita @lugis

Pertama-tama mari kita lihat sejenak sejarah berdirinya kedua klub. Kita mulai dengan sejarah berdirinya Manchester City.


the citizen
“Manchester City F.C. dibentuk pada tahun 1880 dengan nama St. Marks (West Gordon) oleh Anna Connel dan dua orang anggota gereja St. Marks. Tahun 1887 mereka pindah ke markas baru di Hyde Road, Ardwick lalu berganti nama menjadi Ardwick A.F.C. untuk menyesuaikan dengan letaknya yang baru. Pada musim 1893-1894 masalah financial membelit klub dan setelah diorganisasi ulang akhirnya berganti nama lagi menjadi Manchester City Football Club.”


Fans Manchester City

Lalu sejarah berdirinya Manchester United

“Pertama kali dibentuk dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railwaiy F.C. pada 1878 sebagai tim karya Lancashire dan Yorkshire, stasiun kereta api di Newton Heath. Pada tahun 1892 memutuskan hubungannya dengan stasiun kereta api lalu berganti nama menjadi Newton Heath F.C saja. Pada tahun 1902 tim nyaris bangkrut, namun sebelum bangkrut mereka menerima investasi dari J. H. Davies, direktur Manchester Breweries. Setelah itu diadakan rapat untuk mengganti nama tim Manchester Central dan Manchester Celtic adalah nama yang diusulkan, nama yang akhirnya dipakai adalah “Manchester United” ide dari Louis Rocca imigran muda asal Italia, dan secara resmi Manchester United berdiri pada tanggal 26 April 1902”

Dilihat dari sejarah diatas sudah jelas bahwa City adalah native resident kota Manchester sedangkan United berasal dari gabungan pekerja perusahaan Kereta Api. City sendiri selalu mengklaim bahwa United bukan berasal dari Manchester, salah satu buktinya adalah ketika Carlos Tevez pindah ke City, mereka membuat Banner bertuliskan“welcome to Manchester” disertai gambar Tevez sebagai background. Klaim itu didasarkan selain dari sisi sejarah seperti yang saya sebutkan diatas juga karena letak Old Trafford  sendiri yang berada di pinggiran kota Manchester. Namun sepertinya klaim itu ditujukan kepada United karena City cemburu sebab United lebih bergelimang gelar

Seorang teman saya yang pernah 3 tahun di Manchester pun menuturkan hal yang sama bahwa warga asli Manchester sebagian besar adalah pendukung City, itulah mengapa City memiliki julukan Citizen yang berarti warga kota atau warga asli kota Manchester. Fakta tentang hal ini juga tersirat dalam Chants United di bawah ini

My Old Man Said Be A City Fan

My old man, said "be a city fan",
I said "f*ck off, you're a c*nt!",
"I'd rather shag a bucket with a big hole in it,
Than be a city fan for just one minute".

With hatchets and hammers,
Stanley knives and spanners,
We'll show those city b*stards how to fight,
(how to fight)
"I'd rather shag a bucket with a big hole in it,
Than be a city fan!".

United sendiri mendapatkan banyak fans bukan dari fanatisme kedaerahan seperti kebanyakan tim, namun lebih dikarenakan banyaknya prestasi yang diraih sehingga menarik respek dari berbagai kalangan. Maka tidak salah kalo kita mendukung United karena tim ini adalah Tim yang penuh sejarah bukan Tim yang mendadak kaya dan berharap bisa “membeli” gelar dengan mendatangkan banyak pemain bintang.

di tulis oleh sobat mancunian: by: Lugis 

berikut euforia dari fans Manchester United dan Manchester City







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar